Langsung ke konten utama

Tanda Bukti

Kemarin ada ledakan bom di madinah, kota suci umat islam. Pelakunya pasti teroris baik yang berideologi ataupun grup anti sosial belaka, just for fun. Saya bukan pakar jadi hanya berpendapat. Semoga tak pernah terulang lagi tragedi serupa dimanapun juga dan semoga negara bangsa manapun makin ahli eksekusi kontra terornya dalam hal global threats seperti ini. Ini sudah 2016 bukan main-main.

Lantas Tuhan dimana?... God Is Dead kata majalah Time saat perang vietnam dulu.
Ka'bah dulu dipenuhi dengan berhala, Bilal pun adzan di atas ka'bah dan menginjaknya. Ka'bah juga pernah banjir di tahun 1940-an, ada tragedi Juhayman di tahun 1979, banyak juga tragedi jamaah haji meninggal dunia berdesak-desakan, dsb. Karena apa, ka'bah hanyalah kiblat, arah menghadap. Sekarang pun arab saudi sedang mentransformasi ekonomi agar tidak bergantung lagi pada minyak yang cadangannya kian menipis.

Dulu banyak ulama membanggakan diri mukjizat air zam-zam, padahal pernah kering sumur ini. Arab saudi negeri yang diberkahi Tuhan, padahal memang geografisnya banyak cadangan minyak. Makkah Madinah dilindungi malaikat. Waduh kalo sampai hancur oleh teroris apakah kemudian kita tidak beriman lagi?

Bayangkanlah sebuah gelas yang kita hantamkan ke dinding pecah berkeping-keping. 7 milyar penduduk bumi berdoa semalam suntukpun agar gelas itu bersatu kembali tidak akan mungkin. Mukjizat Nabi terakhir adalah Quran, didalamnya ada sastra, bahasa, berita, ilmu sains, dsb. Karena itu mukjizat model laut terbelah, orang mati hidup lagi, dibakar tidak mempan, itu seiring kesempurnaan agama, tidak ada lagi. Kalopun ada, sungguh amat sangat jarang sekali, kecuali bila kita saleh setara para nabi.

Maka di hari raya ini, marilah bersama kita perbanyak tadarus, sebagaimana di malam-malam ramadhan lalu, bukan membaca pakai speaker saja kencang-kencang mengganggu orang tidur, tapi mengkaji kandungan tafsir hukum hikmah ilmu sains dsb dari Quran. Beribadah dengan ilmu, iman, dan amal. Dan jauhilah hindarkanlah diri kita dari menghakimi orang lain karena kebenaran hanyalah milik Tuhan semesta alam, yaitu simbol ikhlas selama berpuasa hanya Dia yang tahu kesempurnaan ibadah kita seperti apa.

Minal aidin wal faidzin, semoga kita semua termasuk orang yang kembali dan yang menang selepas puasa ini. Allahumma amin..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mazhab Perubahan

Setelah satu tahun sudah berupaya maksimal sedemikian rupa untuk mencapai target-target yang ditetapkan di awal tahun kemarin, kini perusahaan dan organisasi menemui batas akhirnya. Seberapa baik the bottom line, profitabilitas, adalah inti dari semua target pencapaian satu tahun berjalan. Ada yang berhasil gemilang, ada yang biasa saja, ada pula yang tidak berhasil dan bahkan merugi. Belum lagi bila dibandingkan tingkat pertumbuhannya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tren pencapaian grup industri sejenis, dst. Namun pimpinan yang bijak tentu akan mencermatinya dengan kaca mata yang sedikit berbeda. Look on the bright side, inilah sejatinya kepemimpinan.

Walau Profit tak sesuai harapan di tahun ini, tetapi boleh jadi Process semakin baik, semakin efektif, semakin efisien. Mungkin juga Product semakin berkualitas, semakin sedikit cacatnya, semakin sedikit komplainnya, semakin diakui dunia, semakin inovatif. Atau yang terpenting People semakin produktif, semakin kreatif, sem…

Keraguan Hati

Syahdan, Haji Agus Salim tengah mengambil wudhu hendak salat zuhur. Sutan Sjahrir yg agak liberal kritis berkomentar. Kenapa engkau salat tuanku Haji Agus Salim? Apakah engkau pernah melihat Nabi, Tuhan, dan Akhirat? Kenapa kau melakukan sesuatu yg tak kau mengerti sama sekali? Agus Salim menjawab. Kenapa sutan mudik naik kapal laut? Kenapa sutan percaya sekali pada nakhoda nya akan diantarkan selamat sampai tujuan? Apakah sutan mengerti dan paham secara detil kapal laut bisa tak tenggelam di air walau beratnya berton-ton? Sutanpun tertegun dan menggangguk.

Berpuasa, zakat, salat, dll. ritual agama adalah wilayah metafisika. Di luar nalar dan logika manusia. Bagaimana quran dlm bahasa arab bisa dihapal ribuan ayatnya oleh anak kecil 5 tahun yg bukan berbangsa arab, bahkan yg tak bisa baca dan tulis dalam huruf alfabet. Dsb.

Ibadah/ritual yang kita lakukan itu pun bermacam-macam pula motivasinya. Dari buku Lentera Hati oleh Ustadz Quraish Shihab setidaknya ada 4:

Pertama, Ibadahnya pa…

Pelatih Hebat

Seringkali saya ditanya oleh klien seberapa besar dampak dari suatu pelatihan terhadap perubahan di tempat kerja mereka masing-masing? Kadang ada pula klien yang menambahkan, agar selepas pelatihan yang dilaksanakan nanti, kerja sama kekompakan tim mereka dapat menjadi lebih solid, kedisiplinan karyawan akan lebih baik, kinerja penjualan dan produktifitas bisa lebih tinggi, kemampuan keterampilan personil meningkat tajam, bahkan dapat timbul kepuasan kerja dan kebahagiaan kepada perusahaan. Dan selalu, sebagaimana yang saya pahami akan konsep perubahan, saya sampaikan secara pasti bahwa pelatihan yang dilaksanakan tersebut tidak akan berdampak banyak terhadap perubahan di perusahaan klien masing-masing. Ya benar. Itu yang selalu menjadi jawaban saya apa adanya. Kalau ada yang mengklaim bahwa dengan pelatihan semua hal yang disebutkan di atas dapat terwujud, silahkan saja, tapi saya tidak akan pernah gagah-gagahan mengklaim seperti itu.

Pelatihan, team building programs, outbond games…